Home / Kata Pengantar

Kata Pengantar

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sedang berlangsung sangat pesat. Dunia saat inipun dibanjiri oleh begitu banyak informasi dan penambahannya sangat cepat. Sebagai gambaran kasar, dalam satu menit yang terjadi di internet adalah sekitar: 168 juta email dikirim, 700 ribuan pencarian menggunakan mesin pencari Google, 1500an blog diposting, 600an video baru diunggah melalui situs YouTube, 70 domain baru didaftarkan. Ada lebih dari 14 juta artikel dalam Wikipedia yang dapat diakses menggunakan berbagai bahasa, ada ratusan juta pengguna jejaring media sosial. Situasi ini telah melahirkan generasi anak muda baru yang diwarnai oleh kecanggihan TIK dalam kehidupannya, yang disebut dengan Generasi Milenial. Bila kita amati arus perubahan tersebut sudah mulai banyak Nampak di ruang kelas-kelas kita.

John Moravec seorang pakar pendidikan dari University of Minnesota menyatakan bahwa dunia pendidikan kita tengah memasuki Paradigma Education 3.0. Proses pendidikan tersebut sangat dipengaruhi oleh keterbukaan informasi yang ditunjang oleh perkembangan TIK. Sehingga proses pembelajaran berlangsung multi-arah, memanfaatkan berbagai sumber informasi, dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta berpusat pada mahasiswa.

Universitas Katolik Parahyangan telah memiliki sistem e-learning untuk mengantisipasi perubahan paradigma pembelajaran tersebut. Saat ini pengelolaan e-learning dilakukan oleh Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP). Beberapa manfaat e-learning yang dapat dijadikan keunggulan:

  • proses pembelajaran lebih terstruktur dan terencana dengan baik;
  • proses pembelajaran dapat memanfaatkan berbagai media berupa teks, suara, gambar, video, dan media interaktif lainnya;
  • seluruh proses pembelajaran terdokumentasi dengan baik;
  • transparansi dan akuntabilitas proses dan evaluasi pembelajaran lebih mudah dilakukan.

Kami menggunakan Moodle sebagai platform untuk sistem e-learning UNPAR. Moodle adalah perangkat lunak untuk membantu mengelola proses pembelajaran secara elektronik. Pemahaman terhadap fasilitas dan fitur yang disediakan oleh Moodle akan membantu dosen merencanakan proses pembelajaran yang lebih efektif untuk mencapai learning outcomes (capaian pembelajaran). Buku E-Learning UNPAR: Panduan Praktis Untuk Dosen ini disusun untuk memandu dosen memanfaatkan e-learning UNPAR.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Erwinna Chendra dan Bapak Liem Chin yang telah menuangkan pengalamannya menggunakan Moodle untuk mengembangkan materi perkuliahan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) Program Studi Matematika, kedalam bentuk buku panduan singkat ini.

Selamat menggunakan, semoga bermanfaat.

 

Bandung, 4 April 2014

 

 

Agus Sukmana

Kepala Pusat Inovasi Pembelajaran