Home / Kegiatan / Workshop & Pelatihan

Workshop & Pelatihan

Pusat Inovasi Pembelajaran secara rutin menyelenggarakan Workshop/Lokakarya untuk membantu para dosen meningkatkan kompetensi  dalam mengelola proses pembelajaran.

Workshop/Lokakarya yang pernah diselenggarakan antara lain:

A. Workshop Pedagogi Reflektif

Wkshp---PEndagogi

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya UNPAR untuk membekali para dosen dengan: pemahaman akan filosofi pendidikan secara umum, keterampilan untuk menyusun rencana dan evaluasi pembelajaran.  Kegiatan tersebut untuk mendukung salah satu misi UNPAR , yaitu: ” Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang memadukan keunggulan akademik dan pembentukan karakter mahasiswa”

B. Workshop Problem-Based Learning

Wkshp---PBL-2015

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya UNPAR untuk membekali para dosen dengan: pemahaman  tentang Metode Problem-Based Learning yang dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di kelas. Metode pembelajaran ini menekankan pada pembelajaran yang berbasis pada masalah. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk mendalami materi pembelajaran secara mandiri dan menemukkan penyelesaian terhadap berbagai masalah yang sedang mereka hadapi melalui proses pembelajaran. Peserta juga dilatih membuat Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang berbasis Problem-Based Learning.

Workshop dilaksanakan pada  tanggal 17 – 18 Maret 2015. Workshop ini diikuti oleh 34 dosen.

C. Workshop Asesmen dalam Pembelajaran

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu upaya UNPAR untuk membekali para dosen dengan kemampuan melakukan asesmen dalam pembelajaran. Peserta diperkenalkan dengan taksonomi kompetensi, bagaimana memilih cara dan instrumen yang tepat untuk mengukur ketercapaian kompetensi mahasiswa, dan bagaimana merancang pembelajaran (metoda dan starategi) untuk mencapai kompetensi yang disasar.

Workshop dilaksanakan pada tanggal 6 – 7 Juli 2017. Workshop ini diikuti oleh 39 dosen.

D.Workshop Core Skills

Workshop Core skills adalah sebuah program pelatihan yang dikembangkan atau difasilitasi oleh British Council untuk membantu para pendidik dalam mengembangkan diri mereka, terutama mengembangkan program pendidikan yang mereka jalankan dengan berbagai ketrampilan dasar yang penting. Core Skills (keterampilan inti), atau yang lebih dikenal sebagai 21st Century Skills, yang merupakan keterampilan yang penting untuk dimiliki peserta didik khususnya untuk mempersiapkan mereka memasuki era ekonomi global.

Ada 6 (enam) keterampilan penting yang diperkenalkan atau dikembangkan dalam pelatihan ini, yaitu Critical Thinking & Problem Solving, Creativity & Imajination, Leadership, Digital Literacy, Collaboration & Communication, dan Citizenship. Melalui pelatihan ini  peserta diajak terlibat secara aktif dalam diskusi dan kerja kelompok untuk memahami konsep core skills secara utuh sekaligus merencanakan tindak lanjut untuk aplikasi pembelajaran berbasis Core Skills.

E. Workshop Sang Guru Sang Peziarah (Spiritualitas Dosen)

Melalui Workshop Sang Guru Sang Peziarah (Spiritualitas Dosen), para dosen diajak untuk mendalami dan merefleksikan panggilannya sebagai pendidik.  Disadari bahwa panggilan menjadi pendidik tidak selalu mulus dan lancar. Ada pengalaman kekecewaan, kesedihan, keprihatian, kemarahan, bahkan keputusasaan, tetapi juga ada pengalaman kebahagiaan dan kepuasan batin.   Dibutuhkan spirituallitas yang kuat untuk menjadi seorang pendidik. Refleksi ini diperlukan para dosen  untuk saling saling  meneguhkan, memotovasi, dan menginspirasi satu sama lain. Hasil refleksi para dosen kemudian dibuat menjadi sebuah buku.

 F. Pelatihan Digital Learning dengan Memanfaatkan IDE UNPAR (Interactive Digital Learning Environment)

Pusat Inovasi Pembelajaran melaksanakan serangkaian pelatihan bagi para dosen untuk pemanfaatan IDE-UNPAR (Interactive Digital Learning Environment). IDE-UNPAR adalah Learning Management System (LMS) baru yang dimiliki  UNPAR, dirancang  untuk menjawab kebutuhan sarana pembelajaran berbasis TIK di era digital ini.

14-1024x469 FISIP