Home / Publikasi

Publikasi

Beberapa publikasi yang proses penerbitannya difasilitasi  oleh Pusat Inovasi Pembelajaran:

 

SKAT JADOS : Sang Katak Jadi Dosen

 skat_jados_tampilanUniversitas adalah keutuhan-tunggal ruang kontemplasi dan aksi, yang sadar-diri akan kehadiran, keterlibatan dan kesetiaannya menemani perjalanan warga bangsa membangun wajah kemanusiaan yang semakin apik. Kampus menjadi tempat berjumpanya berbagai relasi antarmanusia yang terus berefleksi memaknai setiap peristiwa. Kampus merupakan tanah subur tempat berseminya benih-benih kebebasan anak-anak manusia yang saling menyapa dan menyentuh hati. Kampus bagaikan bejana yang mempertemukan kasih Allah dengan kisah hidup manusia.

Dan buku ini berisi hasil kontemplasi-aksi dan passion para dosen dalam wujud tulisan refleksi tentang kisah hidup dan perjuangan mereka.

 Editor: Agustinus Mintara, SJ , Penerbit Kanisius Yogyakarta, November 2015.

[INFO LEBIH LANJUT]

 

 

 CINCIN SANG DOSEN: Berakar dalam Panggilan Berkobar dalam Pelayanan

cincin_dosen_cover_3dBuku Cincin Sang Dosen merupakan kumpulan sejarah dan kisah pribadi sebagai dosen yang berjuang untuk menjadi guru kemanusiaan. Itulah kumpulan tulisan reflektif, inspiratif, dan provokatif yang mengajak kita bagaimana mewujudkan tridarma perguruan tinggi secara integral sehingga mampu membangun civitas academica UNPARyang makin bermartabat bukan semata karena berotak cerdas pada dirinya sendiri tetapi juga berhati mulia pada sesama serta bertakwa pada Tuhan. Selamat dan terima kasih untuk dosen yang mau dan mampu menjadi guru kemanusiaan!

— Mgr. Dr. Antonius Subianto B. OSC: Uskup Keuskupan Bandung

Editor: Agustinus Mintara, SJ , Penerbit Kanisius Yogyakarta, April 2015.

 [INFO LEBIH LANJUT]

 

Sañcaya : Percikan Gagasan Pendidikan Tinggi

SANCAYA 3d okBuku Sañcaya berisi kumpulan artikel singkat mengenai gagasan-gagasan pendidikan pada jenjang pendidikantinggi. Buku ini ditulis oleh tim dosen, bertujuan untuk saling menginspirasi dalam mendidik generasi muda dan mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Berbagai tema mengenai pendidikan tinggi disajikan secara menarik dari berbagai sudut pandang yang beragam. Temayang diangkat diantaranya adalah pembelajaran sebagai sebuah proses, pentingnya kompetensi dalam pembelajaran, tersedianya ruang refleksi dalam pendidikan, demokrasi dalam pendidikan, pendidikan yang melibatkan, kesetaraan gender, peran teknologi dan media dalam pendidikan.

Lembaga  pendidikan tinggi sebagai sebuah komunitas akademik humanum, diajak untuk merefleksikan bahwa karya-karya yang dihasilkan pertama-tama harus dapat dibaktikan untuk membahagiakan umat manusia.

 Tim Penulis  Sañcaya, Penerbit Kanisius Yogyakarta, November 2015.

 

 Interactive Digital Learning Environment

 IDE 2DPerkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah membawa perubahan pada berbagai aspek kehidupan manusia. Dunia kini dibanjiri begitu banyak informasi dan penambahan informasi terjadi dari waktu ke waktu dengan sangat cepat. Situasi ini telah melahirkan generasi muda yang diwarnai penguasaaan kecanggihan TIK dan kemampuan yang baik dalam memilih-memilah informasi.

John Moravec seorang pakar pendidikan dari University of Minnesota mengatakan bahwa dunia pendidikan kita tengah berada dalam Paradigma Education 3.0. Dimana proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh keterbukaan informasi yang dipadukan dengan kecanggihan TIK. Proses pembelajaran yang berlangsung multi-arah, yang memanfaatkan berbagai sumber belajar, yang dapat dilakukan dimana dan kapan saja, serta yang berpusat pada mahasiswa merupakan ciri dari Education 3.0.

Universitas Katolik Parahyangan menjawab tantangan dan peluang tersebut, dengan mengembangkan IDE-UNPAR (dapat dibaca sebagai gagasan/ide dari UNPAR). IDE-UNPAR sesuai dengan namanya yaitu Interactive Digital learning Environment, adalah Learning Management System/LMS berbasis TIK untuk membantu terjadinya proses pembelajaran interaktif yang berpusat pada mahasiswa baik di dalam maupun di luar kelas.

 Penulis: Agus Sukmana, Erwinna Chendra, Liem Chin , UNPAR PRESS, November 2015.

 

 E-LEARNING : Panduan Praktis untuk Dosen

Penulis: Agus Sukmana, Erwinna Chendra & Liem Chin ,Pusat Inovasi Pembelajaran, 2014.

 

 

 

 

 

 

 

 

B. Buletin Sañcaya
Pusat Inovasi Pembelajaran secara berkala (dua bulanan) menerbitkan Buletin Pembelajaran Sañcaya. Nama Sañcaya diambil dari sesanti UNPAR: Bakuning Hyang Mrih Guna Santyaya Bhakti. Nama tersebut dipilih sebagai pengingat bagi kita untuk selalu bertekun dalam menjalankan tugas profesi kita: mendidik dan mengembangkan ilmu pengetahuan. Buletin ini berfungsi sebagai media yang mengingatkan kita agar tidak berhenti bertumbuh dan saling menginspirasi dalam panggilan kita sebagai pendidik dan sarjana (lihat buletin).