Home / Publikasi / Buku Panduan / Mengelola Tugas

Mengelola Tugas

Moodle dapat digunakan sebagai sarana untuk mengirimkan tugas dalam bentuk file dari mahasiswa kepada dosen. Beberapa kelebihan pengiriman tugas melalui Moodle dibandingkan dengan melalui e-mail, yaitu:

a)  Tidak seperti e-mail, dengan Moodle mahasiswa dapat mengetahui status pengiriman filenya sehingga mencegah pengiriman berulang.

b)  Dengan Moodle, dosen dapat menentukan batas waktu pengumpulan tugas. Jika ada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugasnya, maka secara otomatis akan ditolak.

c)  Dosen dapat menilai dan memberikan komentar yang dapat dibaca langsung oleh mahasiswa.

d)  Pengambilan file tugas dapat dilakukan dengan mudah karena kita dapat mengunduhnya secara sekaligus dalam satu file yang telah dikompres dalam bentuk zip.

 

Adapun langkah-langkah untuk menyediakan fasilitas pengiriman tugas adalah:

  1. Pastikan Anda telah masuk ke mode ubah, kemudian klik “Add an activity or resource” pada salah satu topik sehingga muncul window baru seperti pada Gambar 30 berikut ini.

Gambar 30

  1. Pilih “Assignment” pada bagian aktivitas dan klik “Tambah” sehingga muncul halaman baru.

 

  1. Isilah kolom “Assignment Name” dan “Description” (berupa tugas yang akan dimintakan kepada mahasiswa) pada bagian “Umum” (lihat Gambar 31).

 

Gambar 31

 

  1. Bagian “Assignment settings”:

a)  Anda dapat memberikan rentang waktu dimulai dan diakhirinya sebuah tugas dengan mengubah pilihan yang ada pada bagian ini, yaitu pada kolom “Allow submissions from” dan “Due date”.

b)  Deskripsi tugas yang telah Anda isi, selalu dapat dilihat oleh mahasiswa jika Anda pilih “Ya” pada kolom “Always show description”. Jika Anda pilih “Tidak”, maka deskripsi ini tidak akan tampak oleh mahasiswa.

c)  Jika Anda tidak ingin mahasiswa terlambat dalam pengumpulan tugas, maka Anda dapat memilih “Ya” pada kolom “Prevent late submissions”. Jika hal ini Anda lakukan, maka mahasiswa tidak dapat mengumpulkan tugasnya setelah jatuh tempo pengumpulan tugas. Jika Anda masih membolehkan mahasiswa terlambat dalam hal pengumpulan tugas, maka Anda dapat memilih “Tidak” pada kolom ini. Dengan demikian, mahasiswa masih diijinkan mengumpulkan tugas walau jatuh tempo telah dilewati (selama tugas ini masih tampak di halaman mahasiswa). Namun, mahasiswa yang mengumpulkannya terlambat, akan ditandai sebagai kiriman yang terlambat.

d)  Anda dapat memilih “Ya” pada kolom “Require students click submit button” jika Anda mengharuskan mahasiswa untuk mengklik tombol Submit untuk menyatakan bahwa tugas yang mereka kumpulkan telah final. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk menyimpan versi draft tugas pada sistem. Jika pengaturan ini berubah dari “Tidak” menjadi “Ya” setelah mahasiswa mengumpulkan tugasnya (baik dengan atau tanpa mengklik Submit), maka pengiriman tugas tersebut akan dianggap sebagai final.

e)  Anda dapat menerima laporan berupa email apabila seorang mahasiswa telah mengumpulkan tugasnya. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih “Ya” pada kolom “Notify graders about submissions”. Demikian pula, Anda dapat menerima laporan berupa email apabila ada mahasiswa yang terlambat mengumpulkan tugasnya. Hal ini dilakukan dengan memilih “Ya” pada kolom “Notify graders about late submissions”. Pilihan ini dapat Anda ubah apabila Anda memilih “Tidak” pada kolom “Notify graders about submissions”.

 

  1. Bagian “Submission settings”:

a)  Jika Anda memilih “Ya” pada kolom “Online text”, maka mahasiswa dapat mengetik teks menggunakan teks editor yang tersedia. Fasilitas ini memungkinkan mahasiswa untuk mengetik dan merevisi hasil ketikannya setiap saat. Pilihan ini sangat cocok untuk mengetikkan jurnal ataupun kerja kelompok.

b)  Anda dapat mengijinkan mahasiswa mengunggah satu atau lebih file dengan cara memilih “Ya” pada kolom “File submissions”. Sedangkan jumlah dan ukuran file maksimum yang boleh diunggah oleh mahasiswa, dapat Anda atur pada kolom “Maximum number of uploaded files” dan “Maximum submission size”.

c)  Anda dapat membolehkan mahasiswa untuk meninggalkan komentar pada saat pengumpulan tugas.

  1. Bagian “Feedback settings”:

a)  Anda dapat memilih “Ya” pada kolom “Feedback comments” jika Anda ingin meninggalkan komentar umpan balik pada setiap pengiriman tugas yang dilakukan oleh mahasiswa.

b)  Jika Anda memilih “Ya” pada kolom “Feedback files”, maka Anda dapat mengunggah file dengan umpan balik saat menilai tugas. File-file ini dapat berupa penilaian tugas yang dikumpulkan mahasiswa, maupun dokumen dengan komentar atau umpan balik dalam bentuk suara (audio).

 

  1. Bagian “Nilai”:

a)  Anda dapat memberikan nilai dengan skala 1 – 100 dari setiap tugas yang dikumpulkan mahasiswa dengan cara mengatur kolom “Nilai”.

b)  Pada kolom “Grading method”, Anda dapat memilih metode penilaian tugas yang dikumpulkan mahasiswa. Anda dapat memilih “Simple direct grading” jika Anda hanya membutuhkan metode penilaian sederhana dengan hanya mengisi form penilaian secara langsung. Jika Anda menginginkan metode penilaian yang lebih kompleks, Anda dapat memilih “Rubric” pada kolom ini.

c)  Anda dapat mengontrol kategori di mana nilai kegiatan ini akan ditempatkan dalam buku nilai (gradebook) dengan mengaturnya pada kolom “Grade category”.

 

  1. Bagian “Pengaturan modul yang biasanya”:

a)  Pada kolom “Group mode”, Anda dapat memilih “Tidak ada grup” jika Anda tidak menghendaki adanya pembentukan kelompok di kelas Anda. Anda memilih “Grup terpisah” jika Anda membolehkan pembentukan kelompok di kelas Anda. Setiap anggota kelompok hanya dapat melihat kelompok mereka sendiri, sedangkan kelompok lain tidak terlihat. Jika Anda membolehkan suatu kelompok dapat melihat kelompok lain, maka pilihlah “Grup yang terlihat”.

b)  Pada kolom “Nomor ID”, Anda dapat mengidentifikasi tugas untuk tujuan perhitungan nilai. Jika tugas tersebut tidak termasuk dalam perhitungan nilai maka kolom nomor ID dapat dibiarkan kosong. “Nomor ID” juga dapat diatur dalam buku nilai, meskipun hanya dapat diedit pada halaman “Pengaturan aktifitas” (“activity settings”).

 

  1. Setelah selesai, klik “Simpan dan kembali ke kursus” pada bagian bawah Gambar 31.

 

Setelah kegiatan tugas ini dilakukan, nilai mahasiswa dapat disimpan dalam Moodle. Dosen dapat melihat rangkuman nilai-nilai ini dalam bentuk tabel dan dapat pula mengunduhnya dalam format Excel. Mahasiswa dapat langsung melihat nilainya melalui internet.

Untuk memasukkan nilai tugas ke dalam Moodle, pilihlah tugas yang akan dinilai, kemudian klik “view/grade all submissions” seperti tampak pada Gambar 32 berikut.

Gambar 32

Pilih “Download all submissions” (terletak di kiri atas) untuk mengunduh semua tugas yang dikumpulkan oleh mahasiswa (lihat Gambar 33).

Gambar 33

Klik “Quick grading” (terletak di bagian bawah) untuk memberikan nilai pada setiap tugas mahasiswa. Setelah nilai semua mahasiswa diisi, klik “Save all quick grading changes”.

Untuk melihat rangkuman nilai tugas, Anda dapat menggunakan menu “View gradebook” (lihat Gambar 33) atau yang terletak di bagian “Assignment administration”.

Untuk melihat nilai tugas ini dalam bentuk tabel, Anda dapat menggunakan submenu “Excel spreadsheet” yang terdapat pada menu “Export” (lihat Gambar 34).

Kemudian Anda dapat mengunduh nilai ini dalam bentuk file Excel dengan cara klik “Download”.

 

Gambar 34

Dalam melakukan penilaian, Anda dapat memberikan feedback berupa komentar atau menyertakan file tertentu. Untuk dapat memanfaatkan feedback, Anda harus memilih “Ya” pada bagian “Feedback settings” (lihat Gambar 31). Anda selalu dapat mengubah setting-an tugas yang telah Anda buat. Untuk mengubah setting-an tugas yang Anda buat, silahkan klik ikon yang terletak di samping tugas tersebut.

Adapun cara memberikan feedback adalah:

  1. Klik “View/grade all submissions” pada Gambar 32.

 

  1. Pilih siswa yang tugasnya akan diberi feedback dan kemudian klik pada kolom “Nilai” tugas siswa tersebut (lihat Gambar 35).

 

Gambar 35

 

  1. Anda dapat langsung memberikan komentar pada bagian “Feedback comments” atau Anda dapat mengunduh file tugas siswa tersebut, beri komentar, lalu mengunggah kembali file tersebut pada bagian “Feedback files” (lihat Gambar 36).

 

  1. Selanjutnya klik “Simpan perubahan”.

Gambar 36

 

Setelah siswa memperbaiki sesuai feedback yang Anda berikan, mereka dapat mengunggah kembali file tugas mereka (Catatan: jika pada setting-an tugas Anda hanya memperbolehkan maksimum 1 file, maka siswa harus menghapus file lama dan mengganti dengan file yang baru). Selanjutnya Anda dapat memberikan nilai dengan mengklik kolom “Nilai” yang bersangkutan (lihat Gambar 35). Gambar 37 memperlihatkan rekapan informasi pengiriman tugas, feedback, perbaikan oleh siswa, hingga nilai akhir tugas yang bersangkutan.

Gambar 37