Home / Publikasi / Buku Panduan / Kata Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik

Kata Sambutan Wakil Rektor Bidang Akademik

Yang saya hormati para kolega di Unpar,IMG_3308 WR1

Seiring dengan perkembangan atau “modernisasi” masyarakat yang ditandai dengan semakin dimanfaatkannya teknologi informasi, maka dunia pendidikan yang dalam hal ini adalah perguruan tinggi juga tidak lepas dari upaya untuk memanfaatkan secara konstruktif perkembangan teknologi dalam proses pembelajaran. Hal ini bukan berarti bahwa proses pembelajaran yang dilakukan di perguruan tinggi selama ini sama sekali tidak memanfaatkan perkembangan teknologi. Metode interaksi face to face tentu saja merupakan format pembelajaran yang akan terus dilakukan seiring dengan pemanfaatan teknologi informasi untuk mendukung dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pemanfaatan teknologi informasi dalam perkuliahan di Unpar setidaknya sudah ada yang mempraktekkan dalam format e-learning. Dalam hal ini para dosen bisa menggunakan media internet untuk mengunggah materi-materi perkuliahan untuk dipelajari oleh para mahasiswa. Demikian juga para mahasiswa dapat menggunakan metode ini untuk merespon atau mengumpulkan tugas-tugas kepada dosen. Metode ini pada kenyataannya belum dimanfaatkan secara maksimal oleh para dosen di Unpar. Kondisi ini tentu saja akan sangat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti model pembelajaran tatap muka yang selama ini sudah menjadi kebiasaan, informasi yang kurang tentang alternatif metode pembelajaran, termasuk juga fasilitas yang mungkin belum tersedia untuk melakukan inovasi metode pembelajaran.

Didorong oleh niat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut maka Pusat Inovasi Pembelajaran Unpar berupaya terus melakukan kegiatan-kegiatan yang berkelanjutan yang melibatkan para dosen seperti pelatihan Pedagogi Reflektif, seminar tentang Service Learning, pelatihan E-Learning dan juga Distance Learning. Oleh karena itu dengan diterbitkannya buku “E-Learning UNPAR: Panduan Praktis Untuk Dosen” diharapkan semakin dapat mempermudah para dosen yang ingin mengoptimalkan pemanfaatan sarana teknologi untuk pembelajaran dalam format e-learning.

 Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Agus Sukmana dan rekan-rekan di Pusat Inovasi Pembelajaran yang terus memfasilitasi para dosen dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di Unpar. Semoga Tuhan senantiasa memberkati langkah-langkah kita untuk maju bersama.

 

Salam hormat,

Dr. Pius Sugeng Prasetyo, M.Si

Wakil Rektor Bidang Akademik