Home / Publikasi / Buku Panduan / Membuat Forum Diskusi

Membuat Forum Diskusi

Forum diskusi merupakan kegiatan yang penting dalam rangka membantu mahasiswa membangun pemahaman baru dimana diskusi antara mahasiswa dan dosen berlangsung. Forum diskusi dapat dirancang dengan cara yang berbeda, dan dapat memuat penilaian yang membandingkan setiap posting-an. Posting-an dapat dilihat dalam berbagai format, dan dapat berisi attachment. Dengan terlibat pada forum diskusi, mahasiswa dapat menerima salinan dari tiap posting-an baru pada e-mail mereka.

 

Cara membuat forum diskusi pada salah satu topik mata kuliah:

  1. Klik tombol “Hidupkan Mode Ubah”.

 

  1. Klik ”Add an activity and resource” pada salah satu topik sehingga muncul window baru seperti Gambar 25 berikut ini:

 

Gambar 25

 

  1. Klik “Forum” dan dilanjutkan dengan “Tambah”.

 

  1. Isi bagian “Forum name” dan “Forum introduction”, kemudian klik “Simpan dan tampilkan” pada bagian bawah halaman Gambar 26.

 

Gambar 26

  1. Selanjutnya, Anda perlu menambahkan topik diskusi untuk forum tersebut dengan meng-klik “Add a new discussion topic”.

 

Gambar 27

  1. Kemudian, isi bagian “Subject” dan “Message” kemudian klik “Post to forum” pada bagian bawah Gambar 28. Jika Anda ingin menyertakan file sebagai bahan diskusi, Anda dapat mengklik “Add” pada bagian “Attachment”.

Gambar 28

  1. Topik diskusi akan muncul seperti pada Gambar 29 berikut ini:

 

Gambar 29

Jika seseorang mengirimkan pesan balasan maka dapat terlihat pada kolom “Replies. Pada kolom “Last Post” kita dapat mengetahui siapa orang terakhir yang mengirimkan pesan. Untuk melihat pesan balasan, klik judul diskusi pada Gambar 29. Untuk membalas pesan, klik “Reply” dan pada bagian “Message, tulis pesan seperti biasa. Kemudian klik “Post to forum”.