Home / Publikasi / Buku Panduan / Mendokumentasikan Proses Pembelajaran

Mendokumentasikan Proses Pembelajaran

Setelah masa perkuliahan suatu mata kuliah pada suatu semester tertentu berakhir, Anda dapat mendokumentasikan proses pembelajaran pada mata kuliah tersebut. Moodle menyediakan fasilitas Backup, Restore, Import, dan Reset (Set Ulang). Untuk mendokumentasikan proses pembelajaran suatu mata kuliah, silahkan klik nama mata kuliah tersebut, kemudian pilih salah satu dari empat fasilitas tersebut yang berada pada bagian Settings di bagian kiri bawah.

Fasilitas Backup dapat digunakan untuk menyimpan atau mendokumentasikan seluruh materi dan proses pembelajaran yang diperlukan pada saat akreditasi. Proses backup meliputi 5 tahap, yaitu:

  • Initial settings
  • Schema settings
  • Confirmation and review
  • Perform backup
  • Complete

Berikut langkah-langkah untuk melakukan backup:

  1. Klik “Backup” pada bagian Settings (terletak di bagian kiri bawah) suatu mata kuliah seperti tampak pada Gambar 49 berikut ini.

Gambar 49

  1. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman baru yang merupakan proses initial settings. Pada bagian ini, Anda dapat memilih item-item yang sesuai dengan keinginan Anda dengan cara memberikan tanda “Ö” pada pilihan yang tersedia. Setelah itu, Anda dapat meng-klik tombol “Next” untuk masuk pada proses schema settings.

 

  1. Untuk kembali ke proses sebelumnya, silahkan klik “Previous” dan untuk melanjutkan ke proses confirmation and review silahkan klik tombol “Next”. Setelah semua ini selesai, klik “Perform backup” dan tunggu beberapa saat hingga muncul halaman seperti pada Gambar 50 berikut ini.

 

Gambar 50

 

  1. Selanjutnya klik tombol “Continue” dan Anda akan dialihkan ke halamanbaru seperti pada Gambar 51. Untuk mengunduh file backup tersebut, silahkan klik tombol “download”. File backup tersebut dalam bentuk mbz dan bila diperlukan dapat dikembalikan pada sistem Moodle dengan fasilitas Restore. Bila Anda ingin, Anda juga dapat mengubah file mbz tersebut menjadi bentuk zip.

 

 

Gambar 51

 

Anda dapat juga menggunakan fasilitas Restore untuk mengembalikan seluruh materi dan proses pembelajaran pada sistem Moodle. Untuk proses restore suatu mata kuliah, silahkan klik “Restore” pada bagian Settings mata kuliah tersebut seperti pada Gambar 49. Selanjutnya Anda klik tombol “Choose a file” dan ikuti langkah-langkah seperti pada bagian mengunggah materi. Proses ini selesai dengan meng-klik tombol “Restore” (lihat Gambar 51).

Moodle juga menyediakan fasilitas Import untuk mengimpor seluruh atau sebagian data suatu mata kuliah ke mata kuliah yang lain. Fasilitas ini terutama digunakan untuk mata kuliah dengan kelas pararel yang akan ditiru seluruh materi dan aktivitasnya. Proses import meliputi 6 tahap, yaitu:

  • Course selection
  • Initial settings
  • Schema settings
  • Confirmation and review
  • Perform import
  • Complete

 

Untuk mengimpor semua materi dan aktivitas perkuliahan dari suatu mata kuliah ke mata kuliah lain, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik nama mata kuliah yang materi dan aktivitasnya akan meniru suatu mata kuliah.

 

  1. Kemudian klik “Import” pada bagian Settings (terletak di bagian kiri bawah) suatu mata kuliah seperti tampak pada Gambar 49 sehingga akan muncul halaman baru seperti tampak pada Gambar 52.

 

  1. Pilih nama mata kuliah yang akan akan ditiru dan kemudian klik tombol “lanjut”.

 

  1. Ikuti langkah-langkah proses tersebut yang mirip dengan langkah-langkah pada proses backup.

Gambar 52

Anda juga dapat melakukan reset (set ulang) suatu mata kuliah untuk digunakan pada semester atau tahun ajaran berikutnya. Anda dapat menghapus semua data pengguna e-learning mata kuliah tersebut pada Moodle termasuk menghapus log, komentar, nilai, post pada forum, dan lain-lain.

Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Klik “Set Ulang (Reset)” pada bagian Settings (terletak di bagian kiri bawah) suatu mata kuliah seperti tampak pada Gambar 49.

 

  1. Anda akan dibawa ke halaman baru dengan judul “Set ulang kursus”. Pada bagian ini, Anda dapat menghapus item-item yang sesuai dengan keinginan Anda dengan cara memberikan tanda “Ö” pada pilihan yang tersedia. Anda juga dapat mengaktifkan kembali mata kuliah ini pada tanggal yang telah ditentukan. Setelah semua ini selesai, klik “Set ulang kursus” (tunggu beberapa saat) dan akhirnya klik “Lanjut”.