Home / Publikasi / Buku Panduan / Mengelola Administrasi Perkuliahan

Mengelola Administrasi Perkuliahan

Ketika Anda mengakses suatu mata kuliah pada Moodle untuk pertama kali, Anda dapat mengetahui apakah Anda dosen (mempunyai hak untuk mengedit) mata kuliah tersebut dari 3 (tiga) elemen dasar, yaitu:

  • Tombol “Hidupkan mode ubah”
  • Tombol “Ganti peran menjadi …”
  • Blok “Administrasi kursus”

Tampilan layar Moodle berbeda untuk dosen maupun mahasiswa. Jika Anda ingin mengetahui apa saja yang dilihat mahasiswa pada mata kuliah yang Anda ampu, Anda dapat mengubah peran Anda menjadi mahasiswa. Adapun caranya adalah dengan meng-klik tombol “Ganti peran menjadi … (Switch role to …)” yang terletak pada bagian Settings di blok samping sisi kiri, kemudian klik “Siswa” (lihat Gambar 56).

Gambar 56

Jika Anda mengganti peran Anda menjadi siswa, Anda tidak dapat mengedit apapun pada mata kuliah tersebut. Jika Anda ingin kembali ke peran Anda semula, klik tombol “Kembali ke peran saya yang normal” yang terletak di kanan atas halaman e-learning UNPAR atau klik tombol “Kembali ke peran saya yang normal” yang terletak di bagian Settings (lihat Gambar 57).

Gambar 57

Untuk dapat melihat siapa saja peserta mata kuliah yang Anda ampu, Anda dapat meng-klik “Participants” yang terletak di bagian Navigation pada blok samping sisi kiri (lihat Gambar 58).

Gambar 58

 

Anda juga dapat menghapus siswa yang bukan peserta mata kuliah Anda, dengan cara:

  1. Klik ikon yang terletak di samping tulisan “All participants: X” (lihat Gambar 59)

 

Gambar 59

Sehingga muncul halaman baru seperti Gambar 60 berikut ini.

Gambar 60

 

  1. Klik tanda silang pada siswa yang ingin Anda hapus.

 

Moodle juga menyediakan laporan seluruh aktivitas (log) suatu mata kuliah, mulai dari perancangan proses pembelajaran, pendaftaran peserta kuliah, proses pembelajaran, hingga penilaian akhir. Adapun cara melihat laporan aktivitas suatu mata kuliah, klik “Reports” kemudian “Logs” pada Gambar 58 sehingga muncul halaman baru seperti pada Gambar 61 berikut ini.

Gambar 61

 

Laporan tersebut dapat dipisahkan berdasarkan masing-masing peserta, hari dan tanggal, aktivitas, dan tindakan yang dilakukan. Misal jika Anda ingin melihat laporan kegiatan berdasarkan tanggal, maka pilih tanggal yang diinginkan dan klik “Get these logs” sehingga muncul halaman baru sebagai berikut (lihat Gambar 62). Anda juga dapat mengunduh laporan tersebut dalam format text atau Excel dengan cara mengganti “Display on page” menjadi “Download in text format” atau “Download in Excel format” kemudian klik tombol “Get these logs”.

Gambar 62

 

Moodle juga menyediakan fasilitas Pesan (Message) untuk bertukar informasi antar mahasiswa maupun antara dosen dan mahasiswa. Untuk memunculkan blok Message pada mata kuliah yang Anda ampu, silahkan baca Bagian B: Setting Tampilan Mata Kuliah. Selanjutnya, untuk mengirim pesan, silahkan klik “Messages” pada blok Messages (lihat Gambar 63).

 

 

Gambar 63

 

Selanjutnya akan muncul halaman baru sebagai berikut:

Gambar 64

Pilih dan klik mata kuliah yang Anda ampu pada “My contacts” sehingga muncul peserta mata kuliah tersebut (lihat Gambar 64). Selanjutnya klik nama peserta kuliah yang Anda ingin kirimkan pesan sehingga muncul halaman baru seperti Gambar 65. Tulis pesan Anda pada bagian “Message” kemudian klik tombol “Send message”.

 

Gambar 65

Pada area konten mata kuliah, Anda juga dapat menampilkan Rencana Perkuliahan Semester (RPS) mata kuliah yang Anda ampu. Selain itu, disarankan juga untuk menampilkan Capaian Pembelajaran (Learning Outcomes) mata kuliah tersebut yang dapat dilihat oleh seluruh peserta mata kuliah. RPS dan Capaian Pembelajaran dapat Anda tampilkan sebelum topik-topik pembahasan pada mata kuliah tersebut.

Berikut cara yang disarankan dalam menampilkan RPS dan Capaian Pembelajaran:

  1. Klik ikon pada baris paling atas sebelum Topik 1 pada area konten mata kuliah (lihat Gambar 66).

Gambar 66

 

  1. Tuliskan kata SILABUS pada “Nama bagian” dan tuliskan [Capaian Pembelajaran] pada “Penjelasan”, kemudian klik “Simpan perubahan” (lihat Gambar 67).

Gambar 67

 

  1. Selanjutnya, klik “Add an activity or resource” (lihat Gambar 68).

 

Gambar 68

  1. Unggah file RPS mata kuliah tersebut dengan memilih “File” dan kemudian klik “Tambah”.

 

Tombol “News forum” pada Gambar 68 mempunyai fungsi yang sama dengan aktivitas Forum pada Bagian D: Membuat Forum Diskusi, hanya saja “News forum” pada bagian ini digunakan sebagai media pengumuman dan berita terkait mata kuliah.

 

Untuk mempelajari Moodle lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi situs resmi Moodle di www.moodle.org.