Home / Publikasi / Buku Panduan / Mengelola Kelas Paralel

Mengelola Kelas Paralel

Sebagai dosen, kadangkala Anda mengajar suatu mata kuliah dengan kelas pararel, sebut kelas A, B, C, dan seterusnya. Moodle memungkinkan Anda untuk memiliki peserta dan aktivitas yang terpisah untuk masing-masing kelas. Cara praktis yang dapat digunakan adalah mengimpor seluruh materi dan aktivitas dari satu kelas, sebut kelas A, ke kelas lainnya (silahkan baca pada Bab G tentang Mendokumentasikan Proses Pembelajaran khususnya bagian Import). Untuk itu, Anda terlebih dahulu harus mendaftarkan mata kuliah kelas pararel yang akan ditiru materi dan aktivitasnya.

Akan tetapi cara tersebut kurang efisien karena akan membuat server Unpar penuh. Cara lain yang dapat digunakan adalah dengan menggunakan fasilitas Group pada Moodle. Adapun cara membuat grup pada suatu mata kuliah dengan kelas pararel adalah:

  1. Pada bagian Settings mata kuliah tersebut, klik Pengguna.

 

  1. Pilih Group sehingga muncul halaman seperti pada Gambar 53.

Gambar 53

 

  1. Kemudian klik “Create group” (lihat Gambar 53).

 

  1. Isikan “Group name” dan “Enrolment key” untuk grup tersebut. Jika enrolment key untuk suatu grup diisikan, maka tidak hanya akan membuat seorang mahasiswa terdaftar pada kuliah tersebut, tetapi juga akan secara otomatis membuat mahasiswa tersebut menjadi anggotagrup tersebut. Perhatikan Gambar 54 berikut ini.

Gambar 54

 

  1. Kemudian klik “Simpan perubahan”.

 

  1. Untuk membuat grup yang lain, ulangi langkah 3 dan 4.

 

Jika pada langkah 4 Anda tidak menentukan “Enrolment key”, maka Anda dapat mendaftarkan peserta mata kuliah tersebut secara manual dengan cara meng-klik “Add/remove users” pada Gambar 53. Pilih siswa untuk grup tertentu dengan cara meng-klik nama masing-masing kemudian klik tombol “Tambah”.

Mode Group pada Moodle terbagi dua yaitu Separate Group dan Visible Group. Separate Group akan menghalangi grup untuk dapat melihat diskusi satu sama lainnya, sedangkan Visible Group memungkinkan semua diskusi grup terlihat tetapi akan menghalangi anggota suatu grup untuk berpartisipasi dalam diskusi grup yang lain.

 

Fitur Group pada Moodle memperbolehkan Anda merancang aktivitas berbeda untuk masing-masing anggota grup. Ketika Anda merancang suatu aktivitas (seperti: assignment, chat, forum, atau quiz), Anda dapat memilih hubungan grup untuk aktivitas tersebut (lihat Gambar 55).

 

 

Gambar 55

 

  • Pada aktivitas assignment, fitur separate group maupun visible group memungkinkan Anda untuk melihat/menilai secara terpisah aktivitas tersebut sedangkan fitur no group tidak memungkinkan hal tersebut. Pada aktivitas forum/chat, fitur separate group akan menghalangi suatu grup untuk dapat melihat diskusi pada grup lainnya, sedangkan fitur visible group memungkinkan semua diskusi grup terlihat tetapi akan menghalangi anggota suatu grup untuk berpartisipasi dalam diskusi grup yang lain. Selain itu, jika Anda menggunakan fitur Grup pada suatu mata kuliah maka Anda dapat melihat Reports (Laporan) secara terpisah untuk masing-masing grup.