Home / Publikasi / Buku Panduan / Mengunggah Materi Pembelajaran

Mengunggah Materi Pembelajaran

 Dalam merancang proses pembelajaran, Moodle menyediakan fasilitas-fasilitas yang dikategorikan sebagai Aktivitas (Activity) dan Sumber (Source). Aktivitas meliputi: tugas (assignment), forum, kuis, dan lain-lain; sedangkan Sumber meliputi: file, URL, page, label, dan lain-lain. Pada bagian ini, Anda akan mempelajari bagaimana mengunggah materi pembelajaran menggunakan sumber berupa file, URL, page, dan label.

Berikut cara mengunggah materi kuliah berupa file DOCX, PDF, JPEG, PPT ataupun XLSX ke dalam situs e-learning (untuk file berbentuk teks, lebih disarankan file dalam format PDF karena dapat langsung dilihat sedangkan format DOCX tidak dapat langsung dilhat, namun perlu diunduh terlebih dahulu):

  1. Klik “Hidupkan Mode Ubah” (terletak di sebelah kanan atas layar), maka akan muncul seperti Gambar 11 berikut.

Gambar 11

Keterangan: “Add an activity or resource” berfungsi untuk menambahkan kegiatan pembelajaran (seperti kuis, tugas dll) atau sumber-sumber yang mendukung kegiatan pembelajaran (seperti file, URL dll).

  1. Klik “Add an activity or resource” pada salah satu Topik sehingga muncul window sebagai berikut.

Gambar 12

Klik “File” yang dilanjutkan dengan “Tambah”.

  1. Isi “Nama” dan “Deskripsi” pada bagian Umum. Kemudian pada bagian Content, klik “Add” (harap diperhatikan ukuran maksimum file yang dapat diunggah) sehingga akan muncul window baru sebagai berikut.

Gambar 13

Silakan klik “Upload a file”, kemudian pilih file yang akan diunggah dengan cara klik “Browse”. Setelah isi kolom “Save As”, langkah terakhir adalah klik “Upload this file”. Apabila berhasil akan tampak seperti Gambar 14 berikut ini.

Gambar 14

  1. Setelah Anda selesai mengunggah file yang diperlukan, klik “Simpan dan kembali ke mata kuliah” yang terletak pada bagian bawah halaman.

 

  1. Bila berhasil, pada Topik yang Anda pilih sebelumnya akan muncul nama file yang telah Anda unggah.

 

Cara yang telah disebutkan di atas dapat pula digunakan untuk mengunggah file yang berbentuk video. Namun lebih disarankan untuk tidak mengunggah video dengan size yang cukup besar karena akan mengganggu bandwith internet Unpar. Alternatif lain adalah dengan memanfaatkan link video yang ada di YouTube.

Berikut cara memanfaatkan link video dari YouTube:

  1. Klik “Add an activity or resource” pada salah satu Topik sehingga muncul window sebagai berikut.

 

Gambar 15

 

Klik “URL” yang dilanjutkan dengan “Tambah”. Selanjutnya akan muncul halaman baru seperti Gambar 16 berikut ini.

 

Gambar 16

 

  1. Isi “Nama” dan “Deskripsi” pada bagian Umum.

 

  1. Selanjutnya Anda dapat mengisi alamat URL sesuai dengan video yang Anda inginkan di “External URL” pada bagian Content. Untuk mempermudah, Anda dapat membuka tab baru untuk YouTube pada browser, pilih video yang Anda inginkan, kemudian salin alamatnya pada bagian tersebut.

 

  1. Pada bagian Options, gunakan pilihan “Dalam pop-up” untuk “Display”. Tampilan tersebut akan membantu mahasiswa karena jika di-klik maka video tersebut akan muncul pada window baru.

 

  1. Klik “Simpan dan kembali ke mata kuliah” yang terletak pada bagian bawah halaman Gambar 16.

 

  1. Bila berhasil, pada Topik yang Anda pilih sebelumnya akan muncul nama video yang telah Anda link ke YouTube.

 

Akan tetapi, cara mengunggah materi pembelajaran yang Anda pelajari tersebut masih ada kelemahannya, yaitu hanya satu file materi yang dapat ditampilkan pada satu saat. Selain itu, file-file materi tersebut tidak dapat digabungkan dengan teks ataupun lainnya. Adapun keuntungan dari menggabungkan file-file materi pembelajaran dalam suatu topik akan membantu siswa mempelajari materi-materi tersebut lebih terstruktur dan runut dari satu materi ke materi yang lain. Berikut diberikan contoh proses pembelajaran yang lebih terstruktur untuk topik (lihat Gambar 17).

Gambar 17

Salah satu cara yang dapat digunakan untuk membantu siswa mempelajari materi lebih terstruktur adalah dengan menggunakan page. Berikut ini akan dijelaskan cara mengunggah file berbentuk video yang digabungkan dengan teks, gambar, dan tautan berupa video yang ada di YouTube menggunakan page:

  1. Pertama-tama, unggahlah file berbentuk video.
  2. Hidupkan mode ubah, klik “Add an activity or resource”, dan pilih “Page” (terletak di bawah, bagian “Sumber”), kemudian klik “Tambah”.

 

  1. Pada bagian “Umum”, isilah kolom “Nama” dan “Deskripsi” (biasanya kedua kolom ini diisi dengan kata-kata yang sama).

 

  1. Pada bagian “Content” terdapat kolom “Page content”. Pada kolom inilah Anda akan mengisi file video, teks, gambar, dan tautan. Untuk teks, Anda dapat mengetikkannya pada kolom tersebut seperti biasa.

 

  1. Untuk menyisipkan gambar pada “Page”, pertama-tama klik ikon “Insert/Edit image” seperti yang diperlihatkan pada Gambar 18.

Gambar 18

Setelah Anda klik ikon tersebut, akan muncul window baru. Pilih “Find or upload an image…” untuk mengunggah file gambar yang Anda inginkan (caranya sama seperti mengunggah file yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya). Setelah Anda mengunggah file gambar yang diinginkan, kolom “Image URL” akan terisi secara otomatis. Terakhir Anda tinggal isi kolom “Image description” dan dilanjutkan dengan klik “Insert”. Dengan demikian, Anda telah menyisipkan gambar pada “Page”.

  1. Untuk menyisipkan video pada “Page”, pertama-tama ‘blok’ kata yang akan dijadikan tautan untuk video, lalu klik ikon “Insert/Edit link” seperti yang diperlihatkan pada Gambar 19 berikut.

 

Gambar 19

Isilah kolom “Link URL” dengan alamat lokasi dari file video yang telah diunggah sebelumnya. Setelah kolom “Title” diisi, akhirilah dengan klik “Insert”.

  1. Selanjutnya, untuk memberikan tautan berupa video yang ada di YouTube, pertama-tama klik “Moodle Media” seperti yang diperlihatkan pada Gambar 20 berikut.

 

Gambar 20

Kemudian pilih “Find or upload a sound, video, applet…”, dan akhirnya pilih “YouTube videos”. Pada kolom “Search videos”, masukkan tautan yang Anda peroleh dari YouTube. Kemudian klik “Cari”. Setelah video yang Anda inginkan muncul, kliklah video tersebut sehingga akan muncul window seperti diperlihatkan pada Gambar 21 berikut.

 

Gambar 21

Klik “Select this fle” dan akhirnya klik “Insert”.

 

  1. Sampai tahap ini berarti Anda telah membuat sebuah “Page” yang berisi gabungan teks, gambar, video, dan tautan video dari YouTube. Akhirnya klik lah “Simpan dan kembali ke mata kuliah” untuk menyimpan “Page” yang telah Anda buat ini. Untuk melihat hasilnya, Anda tinggal klik saja nama “Page” yang telah Anda buat ini.

 

Selain menggunakan sumber Page, Anda juga dapat menggunakan sumber Label untuk membantu siswa mempelajari materi suatu topik lebih terstruktur.

 

Berikut akan dijelaskan cara memanfaatkan Label untuk merancang proses pembelajaran seperti contoh pada Gambar 17 sebelumnya:

  1. Pertama-tama, klik “Add an activity or resource” dan pilih Label pada bagian “Resources (Sumber)”, kemudian klik “Tambah”. Lihat Gambar 22.

Gambar 22

 

  1. Tuliskan teks yang diinginkan (Contoh: Pertama-tama, sebelum kita masuk ….) pada bagian “Label text” dan klik “Simpan dan kembali ke kursus”.

Gambar 23

 

  1. Selanjutnya, Anda dapat membuat link video dari YouTube dengan meng-klik “Add an activity or resource” dan pilih “URL” kemudian “Tambah”, dan seterusnya (lihat cara memanfaatkan link video dari YouTube sebelumnya).

 

  1. Langkah berikutnya adalah membuat Label lagi seperti pada langkah ke 1-2.

 

  1. Terakhir, Anda hanya perlu mengunggah file slide presentasi (lihat cara mengunggah materi kuliah berupa file DOCX, PDF, JPEG, PPT ataupun XLSX di awal bagian C). Gambar 24 memperlihatkan hasil yang akan Anda peroleh.

 

Gambar 24