Home / Publikasi / Buku Panduan / Merancang dan Mengelola Kuis/Ujian

Merancang dan Mengelola Kuis/Ujian

Moodle menyediakan fasilitas merancang dan mengelola kuis atau ujian, yang dapat berbentuk pilihan ganda, benar atau salah, jawaban singkat, esai, dan lain-lain. Pertanyaan-pertanyaan tersebut disimpan dalam database dan dapat digunakan kembali dalam mata kuliah dan bahkan antar mata kuliah. Soal kuis secara otomotis diacak dan kemudian dinilai (kecuali untuk kuis yang berbentuk esai).

Fasilitas kuis ini dapat dikelola dengan adanya pembatasan akses (waktu mulai dan berakhir) kuis, lamanya waktu pengerjaan, dibatasi hanya pada suatu kelompok, dapat dimungkinkan untuk dicoba beberapa kali, dan lain-lain. Setiap usaha percobaan kuis yang dilakukan mahasiswa secara otomatis ditandai, dan dosen dapat memilih apakah akan memberikan umpan balik atau menunjukkan jawaban yang benar.

Adapun cara merancang kuis/ujian:

  1. Klik tombol “Hidupkan Mode Ubah”.

 

  1. Klik ”Add an activity and resource” pada salah satu topik mata kuliah sehingga muncul window baru pada Gambar 38. Klik “Kuis” dan dilanjutkan dengan “Tambah” sehingga muncul halamanbaru seperti tampak pada Gambar 39.

Gambar 38

Gambar 39

 

  1. Isi “Nama” pada bagian “Umum” dan klik “Simpan dan tampilkan”.

 

  1. Selanjutnya akan muncul halaman seperti pada Gambar 40, dan Anda perlu menambahkan soal untuk kuis tersebut dengan cara meng-klik “Edit quiz”.

 

Gambar 40

Setelah itu, akan muncul halaman baru seperti Gambar 41 berikut:

 

Gambar 41

 

  1. Selanjutnya klik “Add a question” dan akan muncul window baru sebagai berikut:

Gambar 42

  1. Pilih jenis kuis yang diinginkan, misalnya pilihan ganda dengan meng-klik “Multiple choice” dan klik “Selanjutnya”.

 

  1. Isi “Question name” dan “Question text” untuk soal kuis pada bagian “Umum”, kemudian isi pilihan jawaban pada “Answer” sebanyak yang Anda inginkan pada bagian “Choice 1”, “Choice 2”, dan seterusnya (lihat Gambar 43 dan 44).

Gambar 43

 

Gambar 44

Untuk jawaban yang benar, pilih 100% pada “Nilai” (catatan: hanya untuk bagian “Choice” yang merupakan jawaban yang benar). Misalkan “Choice 2” merupakan jawaban yang benar, maka isi 100% pada “Nilai” (lihat Gambar 44).

 

  1. Selanjutnya, klik tombol “Simpan perubahan” sehingga muncul halaman seperti pada Gambar 41. Untuk menambah soal lagi, Anda bisa meng-klik “Add a question” dan ulangi langkah 6 sampai dengan 9. Begitu seterusnya.

 

Untuk soal yang berbentuk esai, Anda dapat memilih “Essay” pada Gambar 42 dan klik “Selanjutnya”. Bentuk jawaban untuk esai berupa beberapa kalimat atau paragraf dalam format HTML editor atau Plain Text. Penilaian kuis berbentuk esai dilakukan secara manual oleh dosen.

 

Moodle juga menyediakan fasilitas untuk menyimpan nilai kuis/ujian dan mengunduh hasil penilaian dalam format Excel. Mahasiswa dapat langsung melihat nilainya di Moodle. Untuk melihat atau mengunduh hasil penilaian kuis, pilihlah kuis yang akan dilihat, kemudian klik “Attempts: X” dimana X menyatakan jumlah seluruh percobaan siswa peserta mata kuliah tersebut yang telah mengerjakan kuis tersebut (lihat Gambar 45).

Gambar 45

Selanjutnya, akan muncul halaman baru seperti pada Gambar 46 berikut ini:

Gambar 46

Pada Gambar 46 dapat terlihat hasil penilaian untuk setiap soal kuis, rekapan nilai, lamanya waktu pengerjaan kuis, dan lain-lain untuk masing-masing siswa. Selain itu, Moodle juga menyajikan fasilitas mengunduh nilai dalam format Excel dengan cara mengklik “Download Table data As” dengan memilih “A Microsoft Excel Spreadsheet” (lihat Gambar 46).

Moodle juga menyediakan fasilitas untuk mengolah nilai akhir suatu mata kuliah yang memuat nilai tugas, nilai kuis, maupun nilai ujian dengan berbagai metode penilaian (berdasarkan rata-rata, rata-rata berbobot, nilai tertinggi, dan lain-lain). Fasilitas tersebut dapat Anda temukan di bagian Settings pada blok samping kiri bawah (lihat Gambar 47).

Gambar 47

Adapun cara untuk mengubah metode pengolahan nilai akhir suatu mata kuliah adalah:

  1. Klik “Grades” pada Gambar 47 sehingga muncul halamanbaru seperti Gambar 48 berikut ini.

Gambar 48

 

  1. Kemudian klik tombol “Turn editing on” pada kanan atas.
  2. Selanjutnya klik ikon pada Gambar 48 sehingga muncul halamanbaru dan pada “Aggregation” di bagian “Grade Category”, tentukan pilihan metoda pengolahan nilai yang diinginkan, seperti: mean of grades, weighted mean of grades, dan lain-lain.