Home / Publikasi / Buku Panduan / Pendahuluan

Pendahuluan

Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment) adalah suatu sistem manajemen mata kuliah (Course Management System / CMS), paket perangkat lunak yang dirancang untuk membantu dosen membuat mata kuliah berbasis e-learning yang berkualitas dan mengelola hasil belajar. Sistem pembelajaran jarak jauh tersebut kadang juga disebut Learning Management Systems (LMS), Virtual Learning Environments (VLE), dan Learning Content Management Systems (LCMS). Mahasiswa hanya perlu sebuah browser (seperti: Internet Explorer, Firefox, Safari) untuk berpartisipasi dalam mata kuliah berbasis Moodle.

Moodle adalah software Open Source, yang berarti dapat diunduh, digunakan, dimodifikasi bahkan didistribusikan secara bebas. Moodle dapat dijalankan tanpa modifikasi pada Unix, Linux, Windows, Mac OS X, Netware dan sistem lain yang mendukung PHP, termasuk sebagian besar penyedia web host.

Desain dan pengembangan Moodle berpedoman pada suatu filosofi pembelajaran, suatu cara berpikir yang disebut sebagai social constructionist pedagogy.

Pusat Inovasi Pembelajaran (PIP) menggunakan Moodle versi 2.3.2 sebagai platform untuk sistem e-learning. Sistem e-learning UNPAR dapat diakses melalui tautan: https://elearning.unpar.ac.id dan terbuka untuk diakses dan dimanfaatkan oleh civitas akademika UNPAR (lihat Gambar 1).

gambar1

Gambar 1