Home / Publikasi / Buku Panduan / Setting Tampilan Mata Kuliah

Setting Tampilan Mata Kuliah

Dosen maupun mahasiswa dapat mengakses mata kuliah pada Moodle menggunakan hampir semua browser, termasuk Internet Explorer, Mozilla, Firefox, atau Safari. Penting bagi mahasiswa untuk terbiasa menggunakan browser mereka dan mengerti elemen dasar layar Moodle. Ada empat elemen dasar layar Moodle (lihat Gambar 7), yaitu:

  • Bar navigasi: petunjuk arah halaman layar Anda. Bila Anda ingin kembali ke halaman awal, klik tombol “Home (Depan)”

 

  • Blok samping (sisi kiri dan kanan), yang terdiri dari navigation, settings, dan lain-lain yang dapat ditambahkan atau dihilangkan sesuai kebutuhan Anda.

 

  • Area konten mata kuliah, merupakan area Anda untuk merancang proses pembelajaran suatu matakuliah.

 

  • Tombol “Hidupkan Mode Ubah” yang hanya dapat dilihat oleh dosen perancang mata kuliah.

Gambar 7

 

Pertama kali Anda masuk ke halaman mata kuliah baru yang disediakan oleh administrator, maka sebagian besar akan kelihatan kosong (lihat Gambar 7). Tampilan mata kuliah memiliki blok samping di sisi kiri dan kanan. Blok samping sisi kanan dapat ditambahkan, dihapus, dan dipindahkan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Adapun cara menghapus, menambah atau memindahkan tampilan blok samping sisi kanan:

  1. Klik tombol “Hidupkan Mode Ubah”.

 

  1. Klik tanda “Hapus” (seperti yang diperlihatkan pada Gambar 8) untuk menghapus blok “Search forums” dan dilanjutkan dengan klik “Ya” untuk mengkonfirmasinya.

Gambar 8

  1. Untuk menambahkan sebuah blok, Anda dapat memilihnya pada bagian “Tambahan blok” (ada di sebelah kiri paling bawah) seperti tampak pada Gambar 9.

 

Gambar 9

  1. Misalkan Anda akan menambahkan blok “Calendar”. Pilihlah “Calendar” pada bagian “Tambahkan blok”. Pada umumnya blok baru yang ditambahkan ini akan muncul di sebelah kiri paling bawah. Anda dapat memindahkan blok ini ke tempat yang Anda inginkan, dengan cara menarik/menyeret (drag) blok tersebut ke tempat yang Anda inginkan.

 

Untuk pengaturan tampilan mata kuliah, pertama-tama kita mulai dengan meng-klik tombol “Hidupkan Mode Ubah” (catatan: tidak perlu diklik lagi jika sudah ‘hidup’). Setelah itu, kita mulai mengatur format tampilan konten mata kuliah, apakah mengikuti format topik, atau format mingguan, atau yang lain-lain.

Cara mengatur format tampilan konten mata kuliah:

  1. Klik “Ubah Pengaturan” yang terletak pada blok samping sisi kiri bawah bagian Settings, maka akan muncul seperti Gambar 10 berikut:

Gambar 10

 

  1. “Nama lengkap” dan “Nama singkat kursus” pada bagian “Umum” sudah otomatis terisi pada saat pendaftaran mata kuliah.

 

  1. Pilih “Format” tampilan konten mata kuliah (apakah format topik, format mingguan, atau yang lainnya), dan pilih “Jumlah topik/minggu” yg diinginkan (misalkan 10 atau 15 topik).

 

Terakhir, klik “Simpan perubahan” pada bagian bawah halaman “Ubah pengaturan kursus” (lihat Gambar 10).